Kisah Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad lahir dari orang tua bernama Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Abdullah merupakan seorang saudagar yang sering bepergian ke Negeri Syam...

Kisah Nabi Muhammad SAW
Kisah Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir di Kota Mekah pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah bertepatan dengan tahun 570 Masehi. Akan tetapi Abdullah meninggal dunia saat Aminah mengandung Nabi Muhammad yang baru berusia 2 bulan. Setelah itu, Nabi Muhammad pun lahir tanpa didampingi oleh sang ayah.

Setelah lahir, Nabi Muhammad diserahkan pada Halimah Sa'diah untuk disusukan Nabi Muhammad pun tinggal bersama ibu susunya di dusun Bani Sa'ad selama empat tahun.Di usia 6 tahun sang ibu pun wafat. Kemudian Nabi Muhammad SAW dirawat oleh kakeknya dari pihak ayah yaitu Abdul Mutalib.

Tumbuh dewasa, Nabi Muhammad SAW menikah dengan Siti Khadijah. Siti Khadijah adalah wanita terpandang, cantik dan berasal dari golongan orang berada di Arab. Nabi Muhammad menikah saat berusia 25 tahun. Sedangkan Khadijah saat itu berusia 40 tahun.

Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu saat usia 40 tahun. Setelah mendapat wahyu dari Allah SWT, Nabi Muhammad SAW pun mulai melakukan dakwah. Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dan mukjizat yang luar biasa dari Allah SWT. Dan itu adalah kitab suci Al Quran yang menjadi pedoman bagi umat muslim.

Nabi Muhammad SAW wafat saat berusia 63 tahun. Beliau mengalami sakit dalam beberapa waktu, suhu tubuhnya tinggi dan sampai akhirnya mengembuskan nafas terakhir.

Pelajaran yang dapat di ambil dan di teladani dari Nabi Muhammad SAW adalah:

1. Selalu Tersenyum

Tersenyum merupakan hal yang sederhana namun sulit untuk dilakukan. Selalu ramah dan tersenyum merupakan salah satu sifat Rasulullah yang harus diteladani.

2. Sederhana dalam hal apapun

Nabi Muhammad SAW sering menekankan pentingnya menjaga kesederhanaan, jalan yang dia tetapkan bagi para pengikutnya adalah kesederhanaan.

3. Tidak sombong

Banyak kelebihan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW tetapi kelebihan nya itu tidak membuat beliau sombong. Kelebihan yang dimiliki justru akan bermanfaat untuk oranglain.

Itulah sifat Nabi Muhammad yang patut kita teladani sebagai umat muslim. Kesederhanaan dan kebaikan Nabi Muhammad lah yang membuat umat muslim sangat mencintainya.