Tips cara klaim token listrik Gratis dari PLN Oktober 2020

Manajer Komunikasi PLN UID Jakarta Raya, Dita Artsana mengungkapkan, bantuan listrik gratis dan subsidi listrik ini diperpanjang hingga Desember 2020. "Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik hingga Desember 2020

Tips cara klaim token listrik Gratis dari PLN Oktober 2020

Manajer Komunikasi PLN UID Jakarta Raya, Dita Artsana mengungkapkan, bantuan listrik gratis dan subsidi listrik ini diperpanjang hingga Desember 2020. "Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik hingga Desember 2020," ujar Dita, Rabu (30/9/2020).

Adapun pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan secara penuh, sedangkan pelanggan dengan daya 900 VA akan mendapatkan diskon 50 persen. "Karena program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimistis untuk pemberian stimulus bulan Oktober sampai dengan Desember tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan," ujar Dita,

Hal tersebut selaras dengan keputusan pemerintah dan PT PLN (Persero) yang memutuskan untuk memperpanjang kebijakan stimulus itu hingga Desember mendatang. Sampai saat ini, PLN masih belum melakukan perubahan cara atau skema klaim token gratis. Adapun cara untuk mengakses stimulus dengan website perusahaan plat merah itu adalah sebagai berikut. 

• Buka www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 ( Token Gratis/Diskon).

• Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter.

Token Gratis akan ditampilkan di layar.

• Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara klaim stimulus melalui layanan WhatsApp dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

• Buka aplikasi WhatsApp.

• Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

Token gratis akan muncul

• Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara itu, untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan, Desa, dan Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat. Pelanggan juga bisa mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau melalui Contact Center 123 untuk informasi lebih lanjut. Sebagai informasi, besaran token yang diberikan ialah 100 persen rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan Januari hingga Maret 2020 bagi pelanggan daya 450 VA dan 50 persen untuk pelanggan daya 900 VA subsidi.